BENCHMARKING FAKULTAS SYARIAH IAIN METRO LAMPUNG KE FSH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung melakukan benchmarking dalam rangka peningkatan mutu akreditasi ke FSH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Jumat, 19 Juli 2019. Sebanyak 19 orang rombongan jajaran dekanat dan dosen yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Syariah, Husnul Fatarib, Ph.D., disambut hangat oleh jajaran pimpinan dan civitas akademika FSH.

Dalam sambutannya, dekan FSH Dr. H. Agus Moh. Najib, M.Ag. menyampaikan bahwa FSH UIN Sunan Kalijaga merupakan PTKIN tertua di Indonesia yang meraih predikat akreditasi BAN-PT A baik fakultas maupun seluruh program studi S1 dan S2, ditambah lagi predikat unggul yang baru saja didapat. Hal ini kemudian menjadi alasan sejumlah kampus datang dan mempelajari apa saja yang telah dilakukan untuk mencapainya. Namun perlu diingat bahwa semua predikat tersebut didapat dalam standar akreditasi BAN-PT yang mencakup tujuh kriteria, sedangkan sejak 10 April 2019 yang lalu baru saja secara resmi ditetapkan standar akreditasi dengan sembilan kriteria. Hal ini berarti bahwa bahkan FSH maupun kampus-kampus yang lain belum ada yang memiliki pengalaman tentang akreditasi baru ini untuk dibagi.

Namun tentu sudah ada sejumlah hal yang dilakukan FSH untuk mempersiapkan diri menghadapi sistem penilaian baru yang berdasarkan pada internasionalisasi ini. Di antaranya seperti mengadakan sejumlah public lecture yang diisi oleh para ilmuwan mancanegara, mengadakan konferensi internasional, mendorong para dosen dan mahasiswa untuk semakin giat melakukan penelitian yang hasilnya kemudian diterbitkan di jurnal internasional, mendukung para mahasiswa untuk berprestasi di tingkat lokal, nasional hingga internasional, dan lain sebagainya. (smh)