Pelatihan Desain Pembelajaran Pendidikan Tinggi Bagi Dosen Muda di Lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan Pembekalan Calon Dosen tentang Desain Pembelajaran Pendidikan Tinggi pada tanggal 6-7 Agustus 2018 bertempat di ruang Teknoklas FSH. Peserta kegiatan pembekalan terdiri dari 12 orang dosen muda di lingkungan FSH. Adapun yang bertindak sebagai fasilitator adalah Dr. Hisyam Zaini, M.A. dari Centre for Teaching Staff Development (CTSD) UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. H. Agus Moh. Najib, M.Ag. selaku Dekan FSH.

Dekan FSH, dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan, menekankan pentingnya pemahaman mengenai desain pembelajaran pendidikan tinggi bagi para dosen muda. Model pembelajaran pendidikan tinggi tidak bisa disamakan dengan model pendidikan menengah, apalagi pendidikan dasar, baik dari segi pendekatan maupun strateginya. Model pembelajaran ini dilakukan secara andragogi yang melibatkan peserta didik ke dalam suatu struktur pengalaman belajar. Untuk mencapai target pendidikan tinggi yang baik, maka seorang dosen harus mengetahui pendekatan serta strateginya dengan baik. Hal inilah yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pembekalan ini.

Dalam dua hari pelaksanaan Pembekalan, para dosen muda di lingkungan FSH mendapatkan materi mengenai metode penyusunan materi perkuliahan mulai dari standar kompetensi lulusan, kompetensi dasar hingga indikator-indikator pencapaiannya. Selain itu, mereka juga mendapatkan materi mengenai sejumlah strategi pembelajaran yang cocok untuk pendidikan tinggi, yang menekankan pada model pembelajaran aktif.

Berita Terkait