FSH Ajak Fakultas Syariah se-PTKIN Jadi Mitra MBKM

Pada awal tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan kebijakan baru di bidang Pendidikan Tinggi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.

Dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan MBKM khususnya kebebasan belajar di luar kampus, UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan ‘mitra MBKM’ di lingkup PTKIN, dimana salah satu agendanya yaitu Forum Group Discussion (FGD) yang dikoordinir oleh fakultas masing-masing termasuk Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). FGD ini diarahkan pada 2 (dua) pembahasan yaitu: (1) student exchange pertukaran mata kuliah antar prodi, dan (2) implementasi hak belajar selain pertukaran mata kuliah. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Technoclass FSH (09/11).

Dalam sambutannya, Wakil Dekan II, Dr. H. Riyanta, M.Hum yang dalam hal ini mewakili Dekan menyampaikan bahwa terselenggara FGD ini diarahkan dapat memaksimalkan Kerjasama dan pengembangan akademik secara konstruktif dan juga sebagai upaya mensukseskan pengimplementasian kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Harapannya FGD yang dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 09 dan 10 November 2021 dapat menghasilkan hal-hal yang menunjang pelaksanaan MBKM di lingkup PTKIN.

Wakil Dekan I, Dr. Samsul Hadi, M.Ag, dalam acara pembukaan juga menyampaikan pengarahan bahwa MBKM ini butuh persiapan matang dan kerjasama yang baik antar perguruan tinggi yang tidak hanya dalam konsep pelaksanaan, tetapi juga teknis pelaksanaan. Dalam pengarahannya, Wakil Dekan 1 juga memperkenalkan jajaran ketua program studi dan sekretaris program studi di FSH, karena peran kaprodi dan sekprodi menjadi pemantik pembahasan tiap-tiap kelompok pada kegiatan ini.

Adapun peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai PTKIN, yaitu IAIN Kediri, IAIN Kendari, IAIN Kudus, STAIYO, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, UIN Mataram, UIN Sultan Haji Muhammad Idris Samarinda, IAIN Ambon, UIN Mataram, UIN Imam Bonjol Padang, IAIN Palangkaraya dan IAIN Palopo. Kegiatan FGD ini terselenggara dengan lancar dan aktif dengan di pandu oleh Wakil Dekan III, Dr. Sri Wahyudi, S.Ag., S.H., M.Ag., M.Hum. (tn/tim)