Kuliah Umum - Implementasi Rantai Pasok Halal di Indonesia

Center for Industrial Engineering Studies(CEFIES) kembali mengadakan Guest Lecturedengan menghadirkan Guru Besar Teknik Industri ITB, Prof. Dr. Senator Nur Bahagia. Tema Guest Lecture kali ini adalah terkait Implementasi Rantai Pasok Halal di Indonesia. Tema ini diangkat kembali bukan tanpa sebab, mengingat jumlah populasi muslim terbesar di dunia tinggal di Indonesia, maka sangat diperlukan produk yang halal. Menurut UU No. 33/2014 JPH, syarat produk dikatakan halal adalah halal zatnya, halal memprosesnya, halal penyimpanannya, halal pengangkutannya, halal penyajiannya, dan halal perolehannya. Dari sini sudah jelas bahwa rantai pasok halal merupakan hal yang sangat penting supaya produk dapat dikatakanhalalan thoyyiban.

Logistik adalah disiplin yang berkaitan dengan pengelolaan aliran barang (flow of goods), aliran informasi (flow of information), dan aliran uang (flow of money), mulai dari pengadaan, penyimpanan, dan penghantaran barang sesuai dengan jenis, jumlah, kualitas, waktu, dan tempat yang dikehendaki dari titik asal ke titik tujuan akhir. Supply chainberbicara tentang jaringan dan kolaborasi. Infrastruktur logistik dimulai dari jaringan distribusi, jaringan transportasi, jaringan informasi, dan jaringan keuangan. Produk halal mempunyai potensi pasar yang sangat luas, mengingat banyaknya orang Islam di dunia ini, namun sebagian besar dari mereka dikelilingi produk haram dan syubhat.

Pada akhir presentasi yang disampaikan oleh Prof. Senator Nur Bahagia, beliau memberi beberapa masukan untuk Indonesia yang lebih maju, yaitu mencukupi kebutuhan dasar, mencukupi kebutuhan psikologi, dan memperhatikan kembali kualitas bukan kuantitas.

Berita Terkait

Berita Terpopuler