FSH-UIN Kerjasama dengan FSU-USIM Adakan Colloquium

Pada hari Rabu (4/9/2019), Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “International Colloquium Student Presentation Exchange” dengan tema Children Custody: Fiqh, Law, and Judicial System in Indonesia and Malaysia yang bertempat di ruang Teatrikal Fakultas Syari’ah dan Hukum. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Fakulti Syari’ah dan Undang-Undang (FSU) Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Keynote Speaker pada acara ini adalah Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag. selaku Dekan FSH-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Fitriah Wardi selaku Dosen di FSU-USIM. Moderator pada kegiatan ini adalah Dr. Sri Wahyuni, M.Ag., M.Hum. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FSH.

Mahasiswa yang menjadi presenter dalam acara ini sebanyak 6 mahasiswa, yakni tiga mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga dan tiga mahasiswa dari USIM. Ketiga mahasiswa perwakilan dari UIN Sunan Kalijaga adalah Dadan Ramdani selaku mahasiswa program studi Hukum Keluarga Islam dan Direktur Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) FSH, Wasis Fajar Auladi selaku mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam, dan Anggita Palupi Putri Utami selaku mahasiswa jurusan Perbandingan Mazhab dan Pengurus Harian Komunitas Pemerhati Konstitusi (KPK).

Adapun mahasiswa perwakilan dari USIM yang menjadi presenter pada kegiatan tersebut yakni Fathanah binti Ridwan selaku Exco Dakwah dan Kebijakan Persatuan PMFSU-USIM, Siti Khadra binti Mohd Razali selaku Johan Syariah Law Innovation Competition USIM, dan Nurul Amyra binti Abdul Karim selaku Krew Bahagian Pengisian Islam 2018/2019 USIM.

Kegiatan yang dihadiri oleh 87 mahasiswa dari FSH-UIN Sunan Kalijaga dan 15 mahasiswa dari USIM ini berjalan dengan lancar. Dekan FSH, Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag. sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan untuk kegiatan seperti terus digalakkan untuk menuju World Class University. Hal ini pun disambut baik oleh Dosen USIM yakni Dr. Fitriah Wardi yang mengharapkan agar antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dapat menjalin kerjasama yang lebih intens dalam bentuk suatu Memorandum of Understanding (MoU) guna peningkatan akademik dari kedua universitas. (Dadan Ramdani)