PRODI HTN MENGIKUTI BENCHMARKING AKREDITASI INTERNASIONAL KE UNIVERSITAS ANDALAS

Untuk belajar sekaligus mengukur kesiapan Prodi Hukum Tata Negara (HTN) dalam agenda jangka panjang akreditasi Internasional, Sekprodi HTN, Gugun El Guyanie mengikuti benchmarking ke Universitas Andalas Padang. Bersama rombongan yang dikomandoi Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. M. Fakhri Husein., M.Si, pada hari Selasa (02/03) diterima langsung oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Prof Dr Henny Lucida, Apt.

Kegiatan ini bermaksud menggali informasi ataubest practicebagaimana mempersiapkan akreditasi internasional, baik dari sisi anggaran, SDM dan manajemen di tingkat prodi, termasuk dukungan pimpinan fakultas dan universitas. Universitas Andalas adalah Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kemendikbud terbaik di Pulau Sumatra. Beberapa fakultas, termasuk Fakultas Teknik telah terakreditasi Internasional, yaitu Prodi Teknik Mesin dan Teknik Industri terakreditasi ABET (American Boad for Engineering and Technology).ABET adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang akreditasi program pendidikan di bidang sains, komputer, dan teknik. ABET sendiri adalah akreditor resmi dariUS Council for Higher Education Accreditation.Tetapi untuk ilmu-ilmu sosial humaniora, lebih memilih akreditas FIBAA(The Foundation for International Business Administration Accreditation)yang berbasis di Eropa.

Di Universitas Andalas, komitmen pimpinan sangat terlihat ketika anggaran prodi sangat terbatas, maka fakultas dan universitas bersama-sama mencarikan jalan keluar, karena rata-rata prodi membutuhkan anggaran 32.000 USD, belum termasuk biaya kehadiran evaluator dari Amerika.

Best practice yang bisa dibawa ke kampus UIN Sunan Kalijaga, khususnya prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum adalah bagaimana persiapan prodi selama lima tahun untuk mewujudkan akreditasi Internasional.

Lesson learned yang bisa diambil adalah komitmen pimpinan menjadi kunci, baik pimpinan fakultas dan universitas, bergerak bersama-sama prodi, para dosen, tendik, mahasiswa, alumni, danstake holdermenyambut agenda akreditasi Internasional. (geg)