WORKSHOP EVALUASI DIRI LUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA FSH

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berkomitmen mengembangkan diri dari berbagai bidang, sebagai upaya dalam mempersiapkan hal tersebut, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) menyelenggaralkan workshop di Hotel Griya Persada, Bandungan, Semarang, 23-25 Maret 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan dan Senat di FSH. Dalam sambutannya, ketua panitia Dr. Samsul Hadi, M. Ag, workshop ini merupakan bahan utama penyusunan Laporan Evaluasi Diri tentang Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi bagi Program Studi dan Fakultas, sekaligus workshop ini sebagai upaya rencana pendirian Program Studi Baru yaitu Program Studi Hukum Zakat dan Wakaf, maka dari itu workshop kali ini akan meminta masukan dari berbagai pihak terutama dari praktisi wakaf dan Zakat dalam bentuk seminar.

Acara ini dibuka oleh Dr. H. Abd Syakur, M.Si (Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) yang mewakili Rektor karena berhalangan hadir. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya evaluasi diri dalam pengembangan UIN Sunan Kalijaga dan mengapresiasi FSH yang sudah bergerak cepat dalam pengembangan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menyelenggarakan workshop rencana pendirian prodi baru yaitu Program Studi Hukum Zakat dan Wakaf, perkembangan seperti ini harus disertai dengan perkembangan sarana dan prasarana termasuk juga perkembangan SDM. Sementara itu, Dekan FSH Prof. Dr. Drs. H. Makhrus, SH., M. Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa FSH dituntut untuk melakukan perkembangan. Sebagai tindak lanjutnya merancang salah satu program jangka pendek yaitu akan mendirikan Program Studi Hukum Zakat dan Wakaf, beliau sangat optimis dengan pendirian Prodi Baru ini karena FSH mempunyai pengalaman dalam pendirian Prodi Ilmu Hukum yang mendapatkan animo yang luar biasa dari para mahasiswa dan masyarakat. Lebih lanjut Dekan FSH menyatakan, dalam jangka panjang FSH akan mengembangkan diri menjadi Fakultas Hukum, perkembangan ini sebagai tuntutan perkembangan zaman dan beliau sangat yakin fakultas baru ini akan mendapatkan animo yang luar biasa di tengah masyarakat.

Worskhop kali ini menghadirkan narasumber dari praktisi Wakaf yaitu Dr. Ahmad Furqon, Lc., MA. (Akademisi dan Praktisi dari Pengurus Perwakilan BWI Jawa Tengah) dengan judul Makalah “Prospek, Problematika dan Kompetensi dalam Pengelolaan Wakaf”. Dan Praktisi Zakat yaitu Agus Alwi, S.Sos., M. Kom. (Direktur Teritori Lazismu Jawa Tengah) dengan judul makalah “Workshop Pengelolaan Lazismu” (ms/tim)