Program Magister Ilmu Syari'ah

1. Profil

Pada tahun 2015 Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) mendirikan Program Studi Magister (S2) Hukum Islam. Sebelumnya, Prodi S2 Hukum Islam berada di bawah koordinasi Program Pascasarjana (PPS) UIN Sunan Kalijaga. Prodi yang telah terakreditasi A ini menawarkan konsentrasi Hukum Keluarga, Hukum Bisnis Syariah dan Hukum Tata Negara.

Prodi S2 ini menekankan pada riset dan karya tulis bagi mahasiswa dan lulusannya. Lulusan Prodi ini bergelar MH (Magister Hukum), dengan prospek dan profil lulusan sebagai akademisi dan peneliti dalam bidang Hukum Islam pada konsentrasi masing-masing, walaupun lulusannya dapat juga sebagai praktisi hukum.

Pada tahun 2019 dilakukan penyesuaian nomenklatur Prodi Magister Hukum Islam menjadi Magister Ilmu Syariah.

 

2. Pimpinan 

Ketua Program Studi Dr. H. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Sekretaris Program Studi Dr. Fathorrahman, S.Ag., M.Si.

                             

3. Visi, Misi, Gelar Akademik dan Peringkat Akreditasi

Visi

Menjadi Program Studi Hukum yang unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi hukum dan ekonomi berwawasan keislaman bagi kemanusiaan yang berkeadilan.

Misi

  1. Mengembangkan pendidikan jenjang magister dalam studi hukum Islam yang integratif dan interkonektif, transformatif dan multikultural.
  2. Mengembangkan studi hukum dan ekonomi berwawasan keislaman dan hukum yang inklusif.
  3. Meningkatkan penelitian dan kajian ilmiah dalam studi hukum dan ekonomi berwawasan keislaman yang kontributif bagi khazanah peradaban.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan dan pelayanan akademik dan kemasyarakatan.

Gelar Akademik

Magister Hukum (M.H)

Akreditasi BAN-PT

Peringkat A melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 843/SK/BAN- PT/Akred/M/VIII/2015 yang berlaku sejak 15 Agustus 2015 sampai dengan 15 Agustus 2020.